Bisnis Tanpa Iklan? Ah, Bagaimana Mungkin!?

jaris-&-k-ooh

Iklan atau dalam bahasa lainnya disebut dengan advertising merupakan satu hal yang sangat vital dalam dunia bisnis, iklan atau advertising berperan sebagai salah satu motor penggerak perusahaan yang tidak dapat diabaikan selain sumber daya manusia.

Sebuah proses bisnis mungkin saja untuk tidak diiklankan atau disebarluaskan keberadaannya, tapi boleh jadi dampak penjualan atau pergerakannya akan berbeda dengan sebuah produk/jasa yang diiklankan keberadaannya. 

Iklan tidak hanya dilakukan oleh perusahaan startup, bahkan perusahaan yang telah besarpun melakukan iklan atau advertising sebagai bentuk maintenance atau pemeliharaan. Mengingatkan para pelanggannya bahwa perusahaan masih beroperasi.

Sebagai perusahaan jasa pembuat iklan atau advertising, Jaris & K sendiri melakukan iklan yang dipampang di berbagai tempat. Berkantor pusat di Jakarta, OOH-nya dapat kita temukan di jalanan ibu kota dalam bentuk videotron yang sangat menawan.

Memasang Out of Home (OOH) di tempat-tempat strategis, Jaris & K memperkenalkan dirinya sebagai perusahan jasa yang bergerak di bidang jasa pembuatan iklan dengan produk termodern.

Mengkhususkan diri di bidang pembuatan Out of Home (OOH), Jaris & K memiliki banyak klien dengan iklan  di berbagai tempat di seluruh wilayah Indonesia seperti MRT Jakarta, bandara juga gedung bertingkat.

Perusahaannya berharap, keberadaannya dapat dikenali oleh khalayak, terutama perusahaan-perusahaan besar sebagai target marketnya. Karena iklan sejatinya tidak dibuat begitu saja, tapi disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Contoh lainnya dari perusahaan besar yang masih berjalan hingga hari ini adalah sebuah restoran makanan cepat saji yang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat dunia.

Outlet produk makanan cepat saji itu tidak hanya terdapat di seluruh wilayah Indonesia, tapi di seluruh dunia, walaupun begitu mereka tetap berjalan dengan berbagai variasinya.

Mereka bahkan melakukan iklan televisi dengan biaya yang sangat besar, puluhan hingga ratusan juta rupiah dikeluarkan untuk satu kali tayang di televisi. Bayangkan berapa besar jumlah uang yang harus dikeluarkan perusahaan tersebut, padahal pelanggan mereka telah mengglobal.

Selain perusahaan makanan cepat saji yang telah dicontohkan di atas, masih banyak lagi contoh perusahaan besar yang tetap berjalan walau telah mengglobal. 

Dari perusahaan transportasi hingga telekomunikasi yang banyak diburu pasar, mereka terus beriklan dengan berbagai macam tujuan, salah satunya mengabarkan pelanggannya untuk mengetahui perkembangan apa yang telah mereka lakukan.

Sebaliknya, iklan yang mereka buat dapat membantu memudahkan pelanggan mereka dalam melakukan pekerjaannya. Karena boleh jadi, pelanggan sedang membutuhkan barang atau produk yang mereka ciptakan.

Terutama bagi produk yang terus berkembang seperti dua produk perusahaan yang telah disebutkan di atas (produk transportasi dan telekomunikasi), berbagai inovasi dan kreasi diciptakan demi memuaskan pelanggannya.

Bahkan bagi perusahaan telekomunikasi, boleh jadi perubahan besar terjadi dalam hitungan tahun saja seperti hilangnya satu produk telepon genggam pertama dengan keypad QWERTY digantikan smartphone. Kini, produk itu hilang bak ditelan bumi. 

Smartphone terus berkembang ke arah teknologi yang lebih tinggi dengan berbagai inovasi detail yang terdapat di dalam software-nya. Membuat pasar terus bergairah untuk berburu barang baru yang diciptakan produsen.

Dari contoh di atas, dapat disimpulkan bahwa semua kegiatan bisnis yang ada di muka bumi ini, hampir dipastikan strategi bisnis tidak mungkin dilakukan tanpa iklan walaupun sangat sederhana, sesederhana iklan yang dilakukan melalui words of mouth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *