Kenali Perbedaan OOH dan DOOH

jaris-n-k-OOH

Pentingnya kegiatan promosi dari sebuah perusahaan, telah mendorong dunia periklanan untuk terus berkreasi dan berinovasi. 

Kreasi dan inovasi tidak hanya dilakukan dalam hal perbaikan kualitas, tapi juga dengan diciptakannya media-media baru bagi mereka yang membutuhkan.

Kreasi dan inovasi dari dunia periklanan tersebut telah melahirkan lapangan kerja baru, yang dinaungi oleh sebuah perusahaan yang biasa disebut dengan advertising agency atau agensi iklan.

Advertising agency atau agensi iklan bertugas untuk menjadi penengah antara perusahaan dengan pasar, dengan media yang dimilikinya. Bertugas membantu mereka untuk membuat media serta kegiatan iklan, advertising agency menjadi tren baru di kalangan eksekutif muda.

Pada advertising agency tertentu, mereka bahkan menyediakan jasa perencana kegiatan iklan secara profesional yang dinamakan dengan media planner.

Mereka bertugas membantu sebuah perusahaan untuk membuat iklan dengan strategi yang efektif, untuk dapat mendongkrak penjualan. Tren itu telah memunculkan talenta-talenta baru, menambahkan jenis pekerjaan yang belum ada sebelumnya. 

Selain media planner, advertising agency juga hadir dengan segala penawarannya, baik dari yang paling sederhana hingga yang paling canggih.

Salah satu temuan dari sebuah advertising agency modern yang kini sering digunakan adalah media iklan yang disebut dengan DOOH atau Digital Out of Home advertising.

DOOH merupakan jenis dari OOH yang dikembangkan oleh dunia periklanan, dalam rangka menyempurnakan promosi sebuah perusahaan.

Jika kita kembalikan kepada bentuk asalnya, Out of Home atau OOH adalah media promosi yang dilakukan sebuah perusahaan atau organisasi yang digunakan untuk menyebarluaskan informasi yang mereka inginkan, barang ataupun jasa, kepada khalayak luas.

Sedangkan OOH advertising adalah kegiatan promosi yang dilakukan sebuah perusahaan atau organisasi, dengan menggunakan media advertising, seperti: billboard atau baliho, neon box, dan banyak lagi jenis yang dapat kita temukan di luar sana.

Lantas, apa itu OOH dan DOOH advertising dan apa perbedaan diantara keduanya?

Perbedaan mencolok dari keduanya adalah media yang digunakan, bila OOH advertising menggunakan gambar yang statis seperti billboard, advertising di retail, hingga advertising pada sebuah kendaraan. 

Sedangkan DOOH adalah perkembangan dari OOH, yakni OOH yang menggunakan gambar yang dapat bergerak secara digital. 

Meski berbeda, OOH Jakarta yang salah satunya diperkenalkan oleh advertising agency Jaris & K menjadi media promosi yang sangat efektif dan efisien.

Jaris & K adalah sebuah advertising agency yang berkantor pusat di Jakarta, yang telah berpengalaman menangani iklan-iklan perusahaan di kawasan Asia Tenggara.

Masyarakat dapat menemukan OOH advertising ataupun DOOH advertising dari Jaris & K di titik-titik strategis, seperti: jalan raya, MRT ataupun bandara. 

Diperkenalkannya OOH dan DOOH oleh advertising agency Jaris & K, karena keduanya merupakan media iklan yang saat ini sedang tren untuk digunakan sebuah perusahaan.

Selain itu, OOH dan DOOH modern yang ada sekarang, dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang, dengan biaya yang dapat ditekan seminimal mungkin.

Catatan penting yang harus diingat oleh sebuah perusahaan atau organisasi pengguna iklan adalah bahwa OOH dan atau DOOH advertising merupakan jenis iklan terpercaya. 

Itulah salah satu sebabnya kenapa OOH dan atau DOOH banyak digunakan oleh perusahaan ataupun organisasi sebagai media promosi mereka.

Walaupun saat ini smartphone telah merampas sebagian besar dari kegiatan manusia, tapi sebuah perusahaan ataupun organisasi akan tetap menyisihkan budget mereka untuk OOH dan atau DOOH advertising karena keefektifan dan efisiensinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *